Kamis, 16 Mei 2013

Contoh Silabus dan RPP


Nama Sekolah                         : SMA Negeri 8 Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas / Program                       : XI / IPS
Semester                                  : 1 (satu)
SK                                           : Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer

No.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Karakter
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis
Bentuk
1.3
Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
·      Pengertian fenomena antroposfer
·      Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis   kelamin
·      Data kependudukan dari RT
·      Data kependudukan berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
·      Sex ratio dan dependency ratio
·      Tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
·   Jujur
·   Rasa ingin tahu
·   Mandiri
·  Tanggung jawab
·   TM : Absensi, Latihan, Tanya jawab
·      PT : Mengembangkan silabus mengenai Pengertian fenomena antroposfer, Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin, Data kependudukan dari RT, Data kependudukan berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin, Sex ratio dan dependency ratio, Tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan.
·      KMTT : Mencari data kependudukan dari RT
·      Mengidentifikasi pengertian fenomena antroposfer
·      Menganalisis komposisi berdasarkan umur dan jenis kelamin
·      Mengidentifikasi data kependudukan dari RT
·     Mengklasifikasikan data kependudukan berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin


·      Menjabarkan sex ratio dan dependency ratio
·      Mendeskripsikan tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
·   Uraian berstruktur
·   Essay
·   Tes individu
·   Tes unjuk kerja
·   Tes tertulis
3 x 45 menit

·      Geografi SMA kelas XI, penerbit Erlangga, oleh :   Drs. K. Wardiyatmoko, MM
·      LKS (Lembar Kerja Siswa)















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BERKARAKTER
A.    Identitas
Nama Sekolah                   : SMA Negeri 8 Palembang
Mata Pembelajaran            : Geografi
Kelas / Semester                : XI / 1 (satu)
Standar Kompetensi         : Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar             : 1.3 Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
Indikator                           : Pertemuan 1
1.      Mengidentifikasi pengertian fenomena antroposfer
2.      Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
Pertemuan 2
1.      Mengidentifikasi data kependudukan dari RT
2.      Mengklasifikasikan data kependudukan berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
Pertemuan 3
1.      Menjabarkan sex ratio dan dependency ratio
2.      Mendeskripsikan tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
Alokasi Waktu                  : 9 x 45 menit (3 pertemuan)
B.     Karakter yang diharapkan
  1. Jujur
  2. Rasa ingin tahu
  3. Mandiri
  4. Tanggung jawab
C.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian fenomena antroposfer
  2. Siswa dapat menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
  3. Siswa dapat mengidentifikasi data kependudukan dari RT
  4. Siswa dapat mengklasifikasikan data kependudukan berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
  5. Siswa dapat menjabarkan sex ratio dan dependency ratio
  6. Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
D.    Materi Pembelajaran
  1. Pengertian fenomena antroposfer
  2. Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
  3. Data kependudukan dari RT
  4. Data kependudukan berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
  5. Sex ratio dan dependency ratio
  6. Tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
E.     Metode Pembelajaran
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Penugasan
F.     Model Pembelajaran
            1.      Menyampaikan tujuan materi
            2.      Menyajikan materi
            3.      Menceritakan materi
            4.      Menyimpulkan materi
G.    Kegiatan Pembelajaran
Langkah – Langkah          :
Pertemuan 1
         1.   Kegiatan Awal
1)      Motivasi       : Memeriksa absensi, kebersihan dan kerapian kelas
2)      Appersepsi   : Menunjukan gambar grafik pertumbuhan penduduk dunia
         2.   Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan kepada siswa tentang pengertian fenomena antroposfer dan komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
2)      Guru bertanya kepada siswa mengenai materi yang telah diajarkan
3)      Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
         3.   Kegiatan Penutup
1)      Guru menyimpulkan hasil dari Tanya jawab dengan siswa
2)      Tanya jawab lisan, guru menanyakan kepada beberapa siswa mengenai pengertian antroposfer menurut pengertian sendiri
3)      Guru memberikan tugas kepada siswa secara berkelompok
Ø  Siswa membentuk 4 kelompok berdasarkan tempat duduknya masing – masing, kemudian setiap kelompok mengumpulkan data kependudukan dari RT terdekat
Pertemuan 2
1.   Kegiatan Awal
1)      Motivasi       : Memeriksa absensi, kebersihan dan kerapian kelas
2)      Appersepsi   : Menanyakan tugas yang telah diberikan
2.   Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa tentang data kependudukan dari RT dan data kependudukan berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
2)      Siswa melakukan diskusi dengan tugas yang telah diberikan yaitu mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT
3)      Siswa dapat mengembangkannya dan mengelompokan berdasarkan umur dan jenis kelamin kemudian siswa mengolahnya ke dalam piramida penduduk. Ada 3 yaitu : Piramida penduduk muda, Piramida penduduk stasioner dan Piramida penduduk tua.
3.   Kegiatan Penutup
1)      Guru menyimpulkan hasil dari Tanya jawab dengan siswa
2)      Guru memberikan tes yang berhubungan dengan materi yang telah diajarkan
3)      Guru memberikan tugas untuk membaca materi mengenai sex ratio dan dependency ratio
Pertemuan 3
1.   Kegiatan Awal
1)      Motivasi       : Memeriksa absensi, kebersihan dan kerapian kelas
2)      Appersepsi   : Menanyakan tugas membaca tentang materi hari ini
2.   Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan kepada siswa tentang sex ratio dan dependency ratio dan tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
Ø  Guru member contoh soal tentang sex ratio dan dependency ratio
2)      Guru menugaskan siswa untuk mencari sex ratio dan  dependency ratio dari data yang telah dibuat dengan kelompok secara individu
3.   Kegiatan Penutup
1)      Siswa dapat menyimpulkan hasil pelajaran hari ini
2)      Guru memberikan tes yang berhubungan dengan materi yang telah diajarkan
H.    Sumber Belajar
1.      Buku Geografi SMA kelas XI, penerbit Erlangga, karangan: Drs. K. Wardiyatmoko, MM
2.      LKS (Lembar Kerja Siswa)
I.       Penilaian
Pertemuan 1
No.
Soal
Jawaban
Skor
1.
Jelaskan pengertian dari antroposfer ?
Antroposfer berasal dari kata latin antropos yang berarti manusia dan spaira yang berarti lingkungan. Jadi antroposfer artinya lingkungan bagian dari bumi atau biosfer yang dihuni oleh manusia.
25
2.
Apa yang dimaksud dengan :
a.       Sensus penduduk
b.      Registrasi
c.       Survei
a.       Sensus penduduk yaitu perhitungan penduduk suatu Negara dengan cara mengumpulkan, menghimpun dan menyusun data penduduk, baik penduduk asli maupun pendatang pada waktu tertentu dan wilayah tertentu.
b.      Registrasi merupakan kumpulan keterangan mengenai kelahiran, kematian dan segala kejadian penting manusia seperti perkawinan, perceraian.
c.       Survei merupakan percacahan penduduk dengan cara mengambil contoh daerah.
30
3.
Pengelompokan penduduk atas dasar criteria tertentu disebut juga….
Komposisi penduduk
10
4.
Piramida penduduk adalah…
Grafik susunan penduduk menurut umur dan jenis kelamin pada saat tertentu.
15
5.
Sebutkan 3 macam piramida penduduk ?
1.      Piramida penduduk muda
2.      Piramida penduduk stasioner
3.      Piramida penduduk tua
20
TOTAL
100

Pertemuan 2
No.
Soal
Jawaban
Skor
1.
Pada tahun 2005 angka kelahiran kasar penduduk Pulau Jawa 50.000 jiwa dan angka kematiannya 20.000 jiwa. Berapakah pertumbuhan penduduk alami Pulau Jawa ?
T = L – M
   = 50.000 – 20.000 jiwa
   = 30.000 jiwa
Jadi pertumbuhan penduduk alami Pulau Jawa tahun 2005 adalah 30.000 jiwa.
30
2.
Jumlah kelahiran kasar penduduk Pulau Jawa pada tahun 2005 adalah 50.000 jiwa dan kematian kasar 20.000 jiwa. Diketahui jumlah imigrasi ada 15.000 dan emigrasi ada 7.000. Coba hitung pertumbuhan penduduk total Pulau Jawa pada tahun 2005 tersebut ?
T = (L – M) + (I – E)
   = (50.000 – 20.000) + (15.000 – 7.000)
   = 30.000 + 8.000 jiwa
   = 38.000 jiwa
Jadi pertumbuhan penduduk total Pulau Jawa tahun 2005 adalah 38.000 jiwa
40
3.
Pada suatu daerah terdapat penduduk sebesar 25 juta jiwa, sedang banyaknya bayi yang lahir dalam setahun sebesar 500.000 orang. Berapa CBR daerah tersebut ?
CBR = B / P x K
         = 500.000 / 25.000.000 x 1000
         = 20 bayi / 1000 wanita
30
TOTAL
100

Pertemuan 3
No.
Soal
Jawaban
Skor
1.
Jelaskan pengertian sex ratio ?
Sex ratio merupakan indicator yang digunakan untuk mengetahui komposisi penduduk menurut jenis kelamin.
15
2.
Apa yang dimaksud dengan dependency ratio ?
Dependency ratio adalah suatu angka yang menunjukan besar beban tanggungan atau besar angka ketergantungan dari kelompok usia produktif terhadap kelompok usia tidak produktif.
15
3.
Upaya apa saja yang dilakukan oleh pemerintah dalam menaikkan tingkat kesehatan masyarakat ?
1)      Memperbanyak dan meningkatkan fungsi rumah sakit, puskesmas dan lain – lain.
2)      Menambah jumlah sertamenaikkan kualitas tenaga medis.
3)      Menyelenggarakan penyuluhan kesehatan, gizi, dan lingkungan.
4)      Mengadakan imunisasi masal secara murah atau gratis
5)      Membangun posyandu
20
4.
Pada tahun 2011 di Kelurahan Kemuning, terdapat 2000 penduduk laki-laki, dan 2900 penduduk perempuan. Hitunglah sex ratio wilayah tersebut ?
Sex ratio = jumlah penduduk laki-laki / jumlah penduduk perempuan x 100
               = 2000 / 2900 x 100
               = 68,9 jiwa
25
5.
Pada tahun 2011 di Kelurahan Sukamulya Palembang terdapat 181 penduduk usia 0-14 tahun. 250 penduduk usia 15-64 tahun, dan 85 penduduk usia 65 keatas. Hitunglah dependency ratio wilayah tersebut ?
Dr = P0-14 + P65+ / P15-64 x 100
     = 181 +85 / 250 x 100
     = 266 / 250 x 100
     = 106,4 penduduk
25
TOTAL
100

                    Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Palembang                                           Guru Mata Pelajaran


………………………………..                                                            ……………………..
NIP.                                                                                                      NIP.